Tips dan Trik Microsoft Word 2010
Siapa
yang tak kenal Microsoft Office? Aplikasi buatan Microsoft yang telah banyak
dipakai oleh jutaan atau lebih komputer di seluruh dunia ini adalah aplikasi
yang wajib di install di Windows. Hampir semua perkantoran, bahkan instansi
pemerintahan memakai aplikasi yang terkenal dengan Word, Excel dan
Powerpoint-nya ini.
Dan
bagi Anda yang seringkali memakai MS Word untuk mengetik dokumen, ada beberapa
tips dan trik yang mungkin saja belum Anda ketahui. Mulai dari bekerja secara
cepat dan efisien sampai mengusili teman kerja dapat Anda temukan disini.
Seleksi
Mungkin
Anda sudah mengetahui cukup klik dua kali untuk menyeleksi satu kata, dan klik
tiga kali untuk menyeleksi satu paragraph. Namun untuk menyeleksi satu kalimat
cukup tahan tombol “Ctrl” dan klik di kalimat manapun. dan untuk menyeleksi
seluruh tabel tahan tombol “Alt” dan klik dua kali.
Membuat tabel
Mungkin
selama ini Anda membuat tabel dengan memakai “Draw Table”, kini Anda bisa
membuat tabel dengan meng-klik tab “Insert” lalu klik “Table” yang akan
menampilkan pop up Insert Table disini Anda tinggal menggeser mouse untuk
menentukan jumlah kolom dan hasilnya akan tertampil langsung di dokumen Anda,
lalu klik.
Jika ingin membuat satu
kolom tabel saja Anda cukup menekan tombol + untuk garis vertical dan – untuk
garis horizontal misal “+————+——-+” (tanpa tanda kutip) lalu tekan “Enter”
Menambahkan Comment Box
Jika
Anda hendak mengirimkan dokumen ke teman atau relasi kerja Anda, tak perlu
menulis panjang lebar penjelasan mengenai kalimat yang mungkin kurang dipahami
di email. Cukup dengan menyeleksi bagian dari kalimat lalu klik tab “Review”
lalu pilih “New Comment”
Membuat daftar dengan
Keyboard
Anda
bisa membuat daftar urut dengan nomor atau symbol cukup dengan menekan tombol
di keyboard. Misal, menulis nomor urut cukup dengan mengetik 1. kata yang
diinginkan lalu tekan “Enter” secara otomatis MS Word akan mengurutkan nomor
yang telah Anda ketik tadi.
Memasukkan Screenshot ke
MS Word
Salah
satu fitur terbaru dari MS Word 2010 yaitu dapat memasukkan Screenshot langsung
ke dalam dokumen. Cukuo dengan menekan tombol “Print Screen” pada keyboar lalu
klik tab “Insert” klik “Screenshot”.
Menambahkan Bookmark ke
Dokumen
Anda
sedang membuat tulisan untuk dapat dibaca langsung oleh Bos atau relasi kerja.
Cukup tambahkan Bookmark agar mereka dapat lebih mudah membaca seluruh isi
dokumen Anda dengan klik tab “Insert” di kolom “Links” klik “Bookmark” ketikkan
nama halaman yang diinginkan lalu klik “Add”.
Setelah itu buatlah
sebuah halaman khusus untuk daftar isi dokumen Anda. Seleksi salah satu judul
halaman dokumen klik tab “Insert” di kolom Links klik “Hyperlink” akan muncul
window Insert Hyperlink pilih Place in This Document lalu pilih judul halaman
di kolom bookmark yang telah Anda buat lalu klik OK.
Sekarang Anda bisa
langsung menuju halaman yang diinginkan dengan meng-klik judul halaman di
daftar isi dengan menahan tombol “Ctrl dan klik kiri”.
Mengubah Status Bar
Mungkin
Anda tidak menyadari kalo status bar di MS Word juga bisa di ubah sesuai dengan
keinginan. Klik kanan status bar Anda akan menemukan banyak konfigurasi yang
dapat Anda sesuaikan.
Atur Auto Correct
Pernahkah
Anda mengetikkan kata teh yang kemudian berubah menjadi the? Itulah Auto
Correct, fitur Auto Correct di MS Word memang sangat berguna jika Anda
seringkali membuat dokumen berbahasa Inggris. Anda bisa mengatur Auto Correct
dengan klik tab “File” lalu pilih “Options” klik “Proofing” dan klik “Auto
Correct Options…” di tab Auto Correct terdapat kolom ketikkan kata yang
diinginkan misal teh pilih kata tersebut di kolom bawah dan klik Delete.
Anda juga bisa
menambahkan beberapa kata agar bisa diperbaiki secara otomatis oleh MS Word.
Shortcut
Shortcut
untuk MS Word memang cukup banyak namun tak perlu menghapal semuanya cukup
seperlunya agar dapat membantu kerja Anda. Selain shortcut umum seperti copy,
cut, paste, print dll, MS Word memiliki shortcut khusus sendiri yaitu:
Ctrl+Z & Ctrl+Y :
Jika
Anda melakukan kesalahan tanpa disengaja Anda bisa memanfaatkan shortcut ini.
Ctrl+Spasi :
Tekan
tombol ini jika dirasa suatu kalimat atau paragraph memiliki kesalahan misal,
bold, italic, underline, huruf dll agar kembali normal (default). Caranya
seleksi kalimat atau paragraph lalu tekan tombol “Ctrl”+Spasi”.
Ctrl+Q :
Tekan
tombol ini jika Anda menemukan kesalahan format paragraf, double spasi, spasi
tambahan di awal dan akhir paragaf, dll. Caranya seleksi seluruh paragraf lalu
tekan kombinasi tombol tersebut.
Alignment
Ctrl+L : untuk mengetik rata kiri.
Ctrl+E : untuk mengetik di posisi tengah
(center).
Ctrl+R : untuk mengetik rata kanan
Ctrl+J : untuk merubah susunan paragraf
menjadi rata kanan dan kiri (Justify)
Trik Unik
Ingin
sekedar mengusili teman kerja Anda atau ingin tahu apa saja yang bisa MS Word
lakukan, ketik beberapa kata berikut ini.
=rand (200,99)
Ketik kata di atas lalu
tekan “Enter” tunggu selama 3 detik. MS Word akan menampilkan tulisan sebanyak
567 halaman yang berisi komentar dari beberapa karyawan atau orang yang ikut
mengerjakan Aplikasi tersebut.
=lorem(7,3)
Dengan mengetikkan kata
di atas akan menampikan 3 paragraf yang terdapat dalam teks Lorem Ipsum
=rand.old(7,3)
MS Word akan menampilkan
3 paragraf yang berisi contoh kalimat di teks mesin ketik “The quick
brown fox jumped over the lazy dog.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar