ILMU PENGETAHUAN KOMPUTER
KOMPUTER
1. Pengertian komputer.
Kata komputer berasal dari bahasa
Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to
compute.
Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang
saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan
memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang
tersimpan di memorinya.
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin
elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling
bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.
Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan
secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan
kepadanya.
|
Definisi Komputer berasal dari bahasa
latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang
garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam
mendefinisikan termininologi komputer.
1.
Menurut Hamacher
komputer adalah mesin penghitung elektronik
yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya
sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output
berupa informasi.
1.
Menurut Blissmer
komputer adalah suatu alat elektonik yang
mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
1.
menerima input
2.
memproses input tadi sesuai dengan programnya
3.
menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
4.
menyediakan output dalam bentuk informasi
1.
Sedangan Fuori
berpendapat bahwa komputer adalah suatu
pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk
perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
1.
B. PENGGOLONGAN KOMPUTER
Literatur terbaru tentang komputer melakukan
penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan,
kapasitas/ukurannya, dan generasinya.
1.
Berdasarkan Data Yang Diolah
1.
Komputer Analog
2.
Komputer Digital
3.
Komputer Hybrid
2.
Berdasarkan Penggunannya
1.
Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose
Computer)
2.
Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose
Computer)
3.
Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
1.
Komputer Mikro (Micro Computer)
2.
Komputer Mini (Mini Computer)
3.
Komputer Kecil (Small Computer)
4.
Komputer Menengah (Medium Computer)
5.
Komputer Besar (Large Computer)
6.
Komputer Super (Super Computer)
4.
Berdasarkan Generasinya
1.
Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
2.
Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
3.
Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
4.
Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
5.
Komputer Generasi Kelima
C. SEJARAH KOMPUTER
Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak
dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga
menemukan alat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk
membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan
hasil lebih cepat. Computer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi
panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik (mechanical) maupun elektronik (electronic)
Saat
ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam
setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Computer yang ada sekarang memiliki
kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan mathematics biasa. Diantaranya
adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang
belanja, sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi,
jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai
tempat di dunia.
Sejarah Komputer menurut periodenya adalah:
* Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator
Mekanik
* Komputer Generasi Pertama
* Komputer Generasi Kedua
* Komputer Generasi Ketiga
* Komputer Generasi Keempat
* Komputer Generasi Kelima
ALAT
HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIKA
bacus,
yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di
beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.Alat ini
memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian
geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus
untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan
kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain
dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang
pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator
roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan
perhitungan pajak
Kotak persegi kuningan ini yang
dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk
menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung
bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk
melakukan penjumlahan
Tahun 1694, seorang matematikawan dan
filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline
dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat
mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari
catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan
alatnya.
Barulah
pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de
Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar.
Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih
praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak
dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan
Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal
mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang
profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage
memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin
mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa
kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu
langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga
menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha
Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika
ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial.
Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap,
mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta
mencetak hasilnya secara otomatis.
bekerja dengan Mesin Differensial selama
sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer
general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage,
Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini.
Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan
mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu,
pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi
untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita
yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan
sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Mesin
uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif
apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut
menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan
sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, disain dasar dari
Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang
berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929)
juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas
pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan
bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun
1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan
berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu
sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Hollerith
menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah
oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80
variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan
dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan,
kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan
perhitungan juga dapat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan
alat tersebut dan menjualnya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating
Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business
Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti
Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk
usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dn pemerintahan
untuk permrosesan data hingga tahun 1960.
Pada
masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush
(18901974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial
di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial
kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut
sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk
melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry
mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit
elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864)
berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat
dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah
ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry
membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti
karena kehilangan sumber pendanaan.
Dengan
terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang
tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi
strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan
komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad
Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3, untuk mendisain
pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak
sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun
1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan
Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan
Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan
dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna
general-purpose computer), ia hanya didisain untuk memecahkan kode rahasia.
Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah
perang berakhir.
Usaha
yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan
lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan
IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator
tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang
kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled
Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan
sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut
beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan)
dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut
dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic
Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara
pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000
tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut
merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer
ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly
(1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang
bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.Pada pertengahan 1940-an,
John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania
dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih
dipakai dalam teknik komputer.
Von
Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori
untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer
untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.
Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang
memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber
tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh
Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model
arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General
Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC
dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam
pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta
bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa
mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram
dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah
penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran
sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Pada
tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer.
Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya,
ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di
dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan
memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat,
lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM
membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama
LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom,
dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan
oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks
untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada
dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di
Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development
Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin
dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan
singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
Pada
awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang
bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua
ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga
memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat
ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima
secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis
besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program
yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya
memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan
kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini,
komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan
desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai
bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language
(COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa
pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat,
dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini
memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam
karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer).
Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer
generasi kedua ini.
Walaupun
transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor
menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.
Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit
terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga
komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir
kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak
komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.
Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat
dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah
penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk
menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program
utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Setelah
IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit
dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat
ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan
jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak
komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong
turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja,
efisiensi dan kehandalankomputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa
kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer
(central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip
yangsangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu
yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian
diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama
kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan
mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan
yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.
Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga
pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk
komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut
minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh
kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program
word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari
2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan
dapat diprogram.Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan
penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan
sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981
menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC
digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari
komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang
dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop).
IBM PC
bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple
Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya,
sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh
juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada
masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU:
IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU
buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam
golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan
komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensi terus
dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,
komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu
jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi
satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk
membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan
menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau
kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan
kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar
untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan
belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun
mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang
dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan
mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga
menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan. Namun fasilitas tersebut
menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa
pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada
sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak
kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan
komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan
pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann
akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk
bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat
mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi
jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for
new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar
yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain
bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan
baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih
valid dan membuahkan hasil.
1.
CARA KERJA KOMPUTER
1. Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti
keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
2. Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang
mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua
bagian utama, yaitu ;
·
Control Unit (CU), merupakan
komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada
komputer, mulai dari input device sampai output device.
·
Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan
bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang
dll) serta data logika (perbandingan).
3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer.
Memori terbagi atas dua macam, yaitu ;
1.
Read Only Memory (ROM), yaitu
memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah
diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer
dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM.
Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem
operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan
yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM
tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang
ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :
PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali
dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi
diprogram.
·RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana
kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
·EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yangdapat kita hapus dan
program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
·EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita
dapat mengubahdan menghapus program ROM dengan menggunakan teknikelektrik.
EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
1.
Random Access Memori (RAM), dari
namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara
random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara
waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan
dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data
pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer
dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket,
Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.
1.
Output Device, adalah
perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke
kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara.
Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari
penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut
diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah
sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah
tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita
lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
1.
E. KOMPONEN KOMPUTER
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;
1. Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang
dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;
·
Input/Output Device (I/O Device) Terdiri
dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer.
·
Storage Device (perangkat penyimpanan) Merupakan
media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
·
Monitor /Screen Monitor merupakan
sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah
diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
·
Casing Unit adalah
tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral
lain dan Central Procesing Unit (CPU).Casing unit ini disebut juga dengan
System Unit.
·
Central Procesing Unit (CPU) adalah
salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor
menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer,
harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakin canggih
prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya
akan semakin mahal.
2. Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang
berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.
Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.
Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;
·
Sistem Operasi, seperti
DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk
mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga
masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka
komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
·
Program Utility, seperti
Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk
membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC
Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu
memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang
telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu
hal ini dapat dilakukan.
·
Program Aplikasi, seperti
GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan
tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya
digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang
lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer
sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna
keperluan interennya.
·
Program Paket, seperti
Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah
program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang
dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen
keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat
penawaran dan lain sebagainya.
·
Bahasa Pemrograman, PHP, ASP,
dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat
program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa
Pemrograman
ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;
·
Low Level Language, bahasa
pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit
dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti
hanyalah pembuatnya saja.
·
Midle Level Language, merupakan
bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati
bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak
menggunakan singkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari
STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam
bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
·
High Level Language, merupakan
bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan
bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.
3. Brainware (User),
User adalah personel-personel yang terlibat
langsung dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer, operator,
user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya
ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data
Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh
seorang Manager EDP.
1.
F. JENIS KOMPUTER
JENIS
KOMPUTER BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH
1.
Komputer Analog
Komputer ini merupakan komputer yang
digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan
pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan
adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk
mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk
melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan
cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.
2.
Komputer Digital
Komputer ini merupakan komputer yang
kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa
data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat
kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.
3. Komputer Hybrid
Merupakan komputer yang memiliki kemampuan
dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan
untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan
perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan
sebaliknya.
KOMPUTER
BERDASARKAN PROCESSORNYA
1) Microcontroller
Microcontroller memiliki semua peralatan
sebagai sebuah komputer dalam satu chip. Peralatan tersebut diantaranya adalah:
-
|
Pemroses (processing) [baca: mengenal perangkat pemroses]
|
-
|
Memori
|
-
|
Input [baca: mengenal input device] dan output [baca: mengenal output device]
|
Kadangkala pada microcontroller ini beberapa
chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Perangkat ini sangat ideal untuk
mengerjakan sesuatu yang bersifat khusus, sehingga aplikasi yang diisikan ke
dalam komputer ini adalah aplikasi yang bersifat dedicated. Contoh alat ini
diantaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan
mesin, alat untuk pengatur lampu lalu lintas.
2) Microcomputer
Komputer ini khususnya digunakan untuk single-user, biasa disebut juga dengan komputer
desktop atau komputer pribadi (personal computer). Komputer ini sudah dirancang sedemikian
rupa untuk mampu berinteraksi dengan penggunanya.
3)
Engineering Workstation
Komputer ini lebih powerfull apabila dibandingkan
dengan komputer pribadi, umumnya komputer ini digunakan untuk menjalankan
aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan
penyelesaian pekerjaannya. Aplikasi yang digunakan lebih cenderung kepada software yang banyak melakukan berbagai perhitungan,
baik secara tiga dimensi, maupun secara matematika lainnya. Contoh aplikasi
yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar
teknik.
3) Super Komputer
Komputer ini merupakan komputer paling
bertenaga. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian
ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk
menjalankan tugasnya. Superkomputer biasanya unggul dalam kecepataan dari
komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat
melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit.
Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungn tertentu, biasanya
penghitungan angka, dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya.
Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.
Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.
4) Mainframe
Mainframe dapat melayani ratusan penggunanya
pada saat yang bersamaan. Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih
besar dan lebih mahal. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu
divisi atau perusahaan besar, yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat.
5) Minicomputer
Komputer mainframe sangat mahal dan hanya
perusahaan besar yang mampu menggunakannya. Untuk membuat komputasi lebih
tersedia, dibuat jenis komputer yang lebih kecil dari mainframe yang disebut
dengan minicomputer, yang dikembangkan sejak tahun 60-an. Komputer jenis ini
digunakan lebih luas daripada mainframe, karena alasan untuk mendapatkan yang
tidak lebih mahal dari mainframe, tapi lebih mudah dalam pengoperasian dan
pemeliharaan. Sekarang ini istilah minicomputer disamakan dengan server, karena
peran utamanya adalah mengkoordinasi suatu jaringan komputer.
Personal Computer atau PC adalah suatu
perangkat komputer yang ditujukan untuk satu pengguna. Perangkatnya terdiri
atas CPU, keyboard, monitor, dan mouse. Perangkat-perangkat tersebut dapat
diringkas dalam satu meja, tidak terlalu banyak membutuhkan tempat. Komputer
jenis ini paling banyak digunakan di berbagai tempat, seperti rumah, sekolah,
kantor, dan sebagainya.
JENIS
KOMPUTER BERDASARKAN BENTUK FISIKNYA
1.
1. Tower
Tower biasanya ditaruh di samping atau di
bawah meja karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja.
Komputer ini banyak memiliki ruang yang bisa dipakai untuk tempat memasang card
tambahan, sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.
1.
2. Desktop
Desktop adalah komputer pribadi yang
ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan
komputer jinjing atau komputer portabel. Periferal-periferal Desktop seperti
tampilan komputer, CPU, dan papan ketik terpisah satu sama lain dan relatif
berukuran besar (juga berlawanan dengan periferal pada komputer jinjing yang
terintegrasi dan berukuran kecil). Komputer jenis ini dirancang untuk
diletakkan dan digunakan di atas meja di rumah atau kantor. Desktop merupakan
komputer yang paling terjangkau dan paling umum digunakan.
Portable
Portable adalah ukuran komputer yang
lebih kecil sehingga mudah dibawa dengan kemampuan yang sama atau lebih
powerful. Yang termasuk dalam jenis portable computer adalah Notebook, Laptop,
dan handheld computer. Keuntungan utama penggunaan portable computer adalah
tidak harus digunakannya pada tempat yang sama
sepanjang waktu, karena komputer jenis ini mudah dibawa kemana saja. Komputer
Notebook/Laptop cukup muat untuk dimasukkan dalam tas dan dapat dijalankan
dengan battery. Dapat juga dihubungkan dengan modem sehingga dapat mengakses
LAN atau Internet, Handheld computer didesain untuk dapat diintegrasikan
dengan sistem desktop, sehingga peralatan ini dapat dengan mudah mengambil data
dan berkomunikasi lewat sambungan telpon.
1.
3. Notebook
Notebook adalah komputer bergerak yang
berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung
ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.
Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai “pengganti” tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia.
Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai “pengganti” tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia.
1.
4. Subnotebook
Ukuran subnotebook berada diantara notebook
dan palmtop. Ukuran subnotebook ini bisa lebih kecil dari laptop karena pada
komputer jenis ini ada sebagian perangkat yang tidak dipasang.
1.
5. Palmtop
Palmtop adalah komputer yang bisa digenggam.
Ukurannya sangat kecil jika dibandingkan dengan komputer lainnya. Komputer
jenis ini juga sering disebut dengan handheld computer, Karena bisa digenggam
tangan.
KOMPUTER
BERDASARKAN PENGGUNAANNYA
1.
a. Special Purpose Computer
Special purpose computer berarti
komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk
menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini,
baik komponen input, output,pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut.
Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem.
Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk
kasir pada supermarket.
1.
b. General Purpose Computer
Merupakan komputer yang dibuat untuk
keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk
mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya.
Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.
KOMPUTER
BERDASARKAN SKALA KEMAMPUANNYA
Berikut ini kategori komputer yang dilihat berdasarkan kemampuannya untuk
memproses, baik dalam melayani user, pemrosesan aplikasi, dan kemampuan untuk
melaksanakan tugas dalam banyak hal sekaligus pada saat bersamaan.
1.Small Scale Computer
Komputer skala kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam
jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer
desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu
saat.
2.Medium
Scale Computer
Komputer untuk skala menengah. Komputer
yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya
melayani penggunanya pada dumb terminal .
3.Large Scale Computer
Komputer untuk skala besar. Komputer yang
termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut
dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software
yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan
kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar